Langsung ke konten utama

Begini Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

 Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting Begini Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Joran merupakan merupakan salah satu piranti mancing dengan model dan action yang berbeda beda. Sehingga berbagai pemancing galau untuk menentukan jenis joran yang sesuai sehingga bisa balance dengan set piranti yang digunakan.

Beberapa pabrikan joran sendiri tidak memiliki patokan baku yang bisa dijadikan standart untuk ukuran lbs joran, hal ini bekerjsama sangat menyulitkan pemancing sendiri lebih lebih yang memiliki budget pas - pasan.

Ada dua hal yang sering dilakukan oleh pabrikan joran untuk mensiasati biar brand mereka tetap cantik ialah menurunkan ukuran lbs joran sehingga resiko patah dikala pemakaian bisa diminimalisir misal : kapasitas lbs joran 8 lbs ditulis 6 lbs dst. Yang kedua memaksimalkan disain joran dengan cara menggunakan ukuran ring guide sesuai dengan besar senar yang digunakan sehingga menghindari pemakaian senar yang melebihi kapasitas yang dianjurkan. Khusus untuk joran joran lbs kecil (ultra light dan light) menentukan panjang handle joran juga menjadi alternatif lain sehingga sensasi fight dengan ikan akan lebih terasa, terutama dilema setting drag, dimana handle pandek yang ditahan satu tangan akan jauh lebih terasa ukuran dragnya (karena penggunaan drag ukuran kecil) dibanding handle panjang yang bisa ditahan oleh siku/ ketiak sehingga settingan drag pada reel akan terasa lebih ringan (belum maksimal). Hal ini tentunya akan sangat riskan kalau kita tidak sett drag pasa reel dengan benar sebelumnya, bisa jadi dikala fight dengan ikan kita tiba-tiba menaikan drag melebihi kapasitas senar sehingga senar putus atau bahkan rod patah kalau pemakaian senar melebihi kapasitas joran.

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas cara manual mengukur lbs joran dengan cara melaksanakan setting drag biar kita menerima daya redam joran maksimal sesuai dengan kapasitas senar yang kita gunakan.

Kita ambil teladan joran 2- 6 lb, kita bisa lakukan pengetesan dengan menggunakan senar maks 6 lb untuk PE dan 4 lb untuk senar mono, dengan menggunakan setting drag 25-30 persen untuk senar PE 6 lb. Tentunya berbeda sekali dengan senar mono terutama senar nylon yang bisa sampai maks 50 persen, sebab memiliki daya redam lebih baik dan hanya mengalami drop sedikit sekali dibanding PE setelah disimpul apalagi kalau penggunaan simpul untuk nylon bisa diatas 90 %.

Adapun caranya: pertama-tama pasang set piranti dan masukan senar ke ring guide, kemudian posisikan joran tegak vertikal ( khusus joran dengan lbs kecil) tahan joran bisa menggunakan kaki. Kemudian ikat senar ke timbangan (bisa menggunakan timbangan digital atau sejenisnya). Setelah semua siap tarik senar( dilakukan  oleh 2 orang) dan mulai kencangkan drag berlahan sampai sesuai dengan nilai drag yang aman ialah 25 sampai 30 persen kekuatan senar. Misalkan senar 6 lb cara menghitungnya 6lb x 30 : 100 = 1.8 lbs atau 1.8 : 2.2 = 0.9 kg.  Sedangkan untuk senar nylon 4lb x 50 : 100 = 2 lb : 2.2 = 0.9 kg

Setelah kita dapatkan drag sebesar 0.9 kg (kondisi joran aman dari resiko patah) kemudian tarik senar dengan hentakan, disini kita bisa melihat kemampuan daya redam joran sebelum drag reel berputar dan senar keluar dari spool reel dengan melihat lengkungan joran (derajat joran tidak melebihi 45 derajat). Jika joran sedikit sekali meredam hentakan dengan sedikit lengkung sampai drag reel keluar artinya kapasitas redam joran diatas 6 lb.

Perlu diperhatikan ialah action joran itu sendiri (biasanya tertulis di spec joran) baik reguler fast, atau fast tapper, sebab titik lifting power joran berbeda2. Kita bisa lihat dari kedua video berikut ini dengan action joran fast dan reguler fast :




Selain mengetahui kapasitas maks joran kita juga bisa melihat kapasitas minium joran dengan cara yang sama, misal joran 2-6 lb, kita bisa mempergunakan senar ukuran 2 lb, 3lb, 4lb atau tetap menggunakan 6lb dengan catatan drag yang kita setting diangka 2 lb ialah 2 x 30 ÷ 100 = 0.6 lbs atau 0.6 ÷ 2.2 = 0.27 kg bisa di bulatkan 0.3 kg.

Apa manfaat balance tackle pada piranti UL


 Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting Begini Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting
Rod patah akhir menggukan senar 6lb pada joran 3lb

Piranti ultra light baik joran maupun senar akan sangat rawan putus atau joran patah, sebab lbs nya yang kecil sehingga kalau power kita terlalu over tanpa diimbangi setting drag dan balance tackle kita akan mengalami banyak masalah, entah sebentar -sebentar harus ikat leader atau kemungkinan terburuk joran patah yang pasti bikin sakit kepala kalau kita harus kehilangan banyak lure yang hargaanya tidak murah.

Joran yang kapasitasnya melebihi 6lb menurut standart pabrikan joran ialah 2-6 masuk kategori Ultra light sedangkan 4-8 lb masuk kategori light, akan memiliki daya redam kurang maksimal hal ini sangat dibutuhkan bagi penggunaan senar2 ukuran kecil (dibawah 6lb) sebab daya elongasi leader sendiri akan sangat minim bisa dimaksimalkan sebelum senar pe mengalami break (putus) bahkan kalau kita mancing di spot2 yang rawan sekali ukiran tentunya kita harus menggunakan leader sampai 2 kali lipat kekuatan PE, sehingga semua akan bertumpu pada kemampuan daya redam joran itu sendiri untuk menghandle setiap hentakan.

Joran dengan kapasitas over diatas 6lb juga akan rawan sekali putus dikala cast sebab louding joran akan berbalik sangat cepat sampai beresiko terjadi hentakan pada senar PE. Selain itu joran yang terlalu over juga tidak akan bisa maksimal untuk long cast dengan ukuran lure dibawah 7 gr.

Begitu juga sebaliknya kalau lbs joran dibawah kapasitas lbs senar sudah pasti akan bermasalah.

Kesimpulan dengan setting drag berbagai hal hal yang kita bisa dapatkan antara lain kita bisa memaksimalkan kemampuan piranti, kita bisa memperoleh piranti yang sesuai dengan kemampuan dan abjad kita, kita bisa menerima piranti yang balance dll. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Landbase surfishing tournament pantai Kawaru Yogyakarta

Landbase Surfishing Tournament 2017 pantai Kawaru Yogyakarta Yogyakarta merupakan kawasan di pesisir pantai selatan yang sepanjang garis pantainya merupakan tempat yang sangat potensial untuk mancing, baik landbase, surfishing, rock fishing, atau menggunakan perahu. Sehingga wajar kalau banyak sekali pemancing atau komunitas mancing menjamur di kawasan Jogja. Event-event mancing sering sekali diselenggarakan oleh beberapa komunitas mancing di Jogja yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara sesama pemancing dan sebagai sarana menyebarkan ilmu, bertukar isu spot atau teknik mancing. Selain itu juga menjadi sarana sosialisasi ihwal cara memancing yang bijak cukup mengambil hasil pancingan seperlunya saja biar kelestarian ekosistem air tetap terjaga. Sedangkan bagi masyarakat umum adanya aktivitas kegiatan menyerupai ini merupakan hal yang sangat positip, alasannya ialah disekitar lokasi kegiatan, masyarakat sekitar mampu memperoleh pendapatan baik dari parkir maupu

Begini Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar

Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar Ikan masheer penghuni sungai Aceh Besar Ikan masheer merupakan ikan eksotis yang memiliki nama lain kerlieng atau jurong (Banda Aceh), banyak dijumpai disepanjang anutan sungai di Banda Aceh. Ikan masheer merupakan ikan perenang tangguh yang sangat suka menyergap umpan yang gres jatuh dipermukaan air. Ikan masheer biasanya mencari makan pada waktu pagi sampai siang hari dan sangat senang mencari makan di penderasan jeram dangkal ( sungai berarus) atau ditempat yang biasanya terdapat lokasi pusaran arus yang airnya sedikit tenang, disitulah masheer menunggu ikan ikan kecil yang terbawa arus kemudian menyergapnya. Menjelang sore ikan masheer akan bersembunyi ditempat kawasan disekitar palung, sehingga sangat sulit ditemui. Spot masheer di sungai Aceh Besar Casting masheer dengan teknik ngoyor Ikan masheer memiliki sensitifitas yang tinggi, bila tempatnya diganggu ikan ini akan kembali ke kawasan persembunyian atau pindah k